BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN OKU SELATAN MELAKSANAKAN PENYULUHAN HUKUM DI KECAMATAN WARKUK RANAU SELATAN

kota batu

Untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik, sehingga setiap anggota masyarakat dan aparat desa/kelurahan menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya, serta mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum demi tegaknya supremasi hukum,  Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten OKU Selatan melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Kegiatan penyuluhan hukum dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2018 bertempat di Desa Tanjung Jati Kecamatan Warkuk Ranau Selatan. Acara dibuka oleh Ibu Yusrinawati, SH,.MT selaku Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab OKU Selatan. Peserta berjumlah 120 orang yang merupakan warga masyarakat dan pelajar dari desa Tanjung jati, desa Kota Batu, desa  Pagar dewa dan desa Tanjung baru sebanyak 120 orang. Sebagai narasumber pada penyuluhan hukum ini adalah :

  1. Bapak Frans S Sipayung, STK. (Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres OKU Selatan) dengan materi Upaya & tindakan pencegahan terhadap kriminalitas beserta sanksi.
  2. Bapak Mona Teruna, S.H. (Penyuluh Hukum pada Kanwil Kemenkum HAM Prov. Sumsel) dengan materi Penyalahgunaan Narkotika dan zat adiktif lainnya.
  3. Ibu Mulyana S.H. (Penyuluh Hukum pada Kanwil Kemenkum HAM Prov. Sumsel) dengan materi Perlindungan terhadap perempuan & anak
  4. Ibu Yusrinawati, SH,.MT (Kabag Hukum Setda Kab. OKU Selatan) dengan materi Kepemilikan tanah & tata cara Pensertifikatan tanah.

Adapun tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum adalah mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh, dan taat terhadap hukum serta menghormati hak asasi manusia dan diharapkan masyarakat yang menjadi peserta dapat menyampaikan pada anggota masyarakat lain di sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *